Monday, 27 October 2008

MENGEJAR LASKAR PELANGI

MENGEJAR LASKAR PELANGI

Jumat lalu … idi baru tahu kalo vinny my cousin belum nonton laskar pelangi. Akhirnya ter plan …. Sabtu ajakin vinny nonton ah. Ternyata vinny nda bia karena ada jadwal laen. So jadi deh hari minggu kita berencana nonton. Biar nda kesorean ya yang jam 12.15 aja deh.

Karena plan nonton yang jam 12.15 jadi kita berangkat dari rumah jam 11, dengan pertimbangan toh film laskar pelangi dah diputar cukup lama jadi kayaknya dah nda agak penuh deh. Apalagi waktu hari rabu idi sama mba nur nonton juga udah nda penuh.

Ternyata perkiraan kami salah…… sampe botani square jam 11.45, udah nda kebagian tiket nonton laskar pelangi yang jam 12.15. Mba penjual tiket langsung menawarkan untuk segera pesan yang jam 14.30.

Tapi idi sama vinny masih belum bisa memutuskan.

Kita masih pengen memastikan kondisi itu tidak hanya terjadi di botani aja. Akhirnya kita ke BTM, karena kan di BTM lebih lambat 15 menit….. jadi pertunjukan pertama ya jam 12.30.

Sampe BTM jam 12.00……………… kami hanya bisa terheran- heran. Antrian tiketnya puanjang buanget kayak kereta api……. Begitu juga orang yang akan masuk ke studio buat nonton.

Setelah vinny setuu untuk nonton yang jam 14.30, akhirnya kita kembali lagi deh ke XXI botani square. Hehe sebelum makan kita pesen tiket dulu deh…… waduh meski baru jam 12.30 tapi udah setengah studio terisi.

Setelah beli tiket ……… kita makan deh di mister baso……. Seperti biasa nasi goreng ayam BBQ jadi pilihan idi, sementara vinny lebih memilih nasi goreng seafood.

Karena jam masih menunjukkan jam 13.30 jadi setelah makan kita mampir dulu deh ke gramed. Biasanya waktu akan terasa cepat saat berada di took buku hehehe. Tuh bener kan nda kerasa udah jam 14.10. saatnya siap2 nonton laskar pelangi. Hehe ke toilet dulu deh biar nanti nontonnya nda terganggu………… waduh nda Cuma studio yang penuh…. Toilet pun penuh dan mengantri.

Akhirnya jam 14.30 kita menuju ke studio 3 tempat diputarnya film laskar pelangi……… hehehe di lorong yang mengarah ke studio 3 orang dah sangat mengantri dan penuh…… mungkin dan beda dengan mau ngantri sembako deh. Studio penuh oleh anak kecil, anak ABG, ibu atau tante yang anter ponakan. Bahkan konon katanya ada banyak orang yang rela menguras kocek untuk nonton laskar pelangi itu lebih dari 1 kali.

Jam 16.30an film pun selesai tayang……………

Rasanya seneng dan lega banget bisa ajak vinny nonton film yang berkualitas. Nda henti – henti dia bilang ,” mba filmnya bagus banget ya.” atau “ mba filmnya kerena abis deh.”

Diantar film2 Indonesia yang tayang di bioskop memang baru laskar pelangi yang mendapat sambutan paling heboh. Dan semua yang nonton komentarnya hampir sama filmnya bagus dan berpesan moral yang bagus. Buat yang pernah membaca novel karya andrea hirata mungkin agaks edikit kecewa karena banyak bagian yang tidak bisa ditayangkan dalam film tersebut. Karena memang nda bisa semua dituangkan dalam film yang berdurasi 2 jam 15 menit itu. Secuil yang direalisasi dalam film aja udah membutuhkan waktu 2 jam 15 menit. Kalo semua dalam novel pengen di realisasi akan butuh durasi berapa lama?

Seandainya novel laskar pelangi itu tidak pernah ada……….. mungkin kah dunai perfilman Indonesia akan mempunyai film sebagus laskar pelangi? Film dengan pesan morakl yang baik untuk anak Indonesia? Apakah kita hanyabisa menhadirkan film2 dengan tema horror saja? Apakah kita hanya bisa menghadirkan film bertema percintaan picisan yang kurang berbobot?

Dulu pernah ada film pasir berbisk, biola tak berdawai dan sejenisnya. Tapi sekarang saat dunia perfilman indoensia mulai menggeliat dan semarak…….. kenapa yang lebih banyak hadir bukanlah film2 dengan tema dan alur cerita yang berbobot? Apa susah sih bikin film yang tema bagus dan mendidik?

No comments: