Friday, 26 June 2009

buku tentang kasih sayang dari seseorang yang penuh kasih sayang




Kebahagiaan lebih ditentukan oleh situasi pikiran seseorang sendiri ketimbang peristiwa di luar.

Kebahagiaan sehari- hari kita terutama ditentukan oleh cara pandang kita.

Tanpa rasa kasih sayang dan sambung rasa dengan sesama manusia, hidup menjadi berat sekali.

Tingginya nilai praktis kehangatan dan kasih sayang akan mengembangkan rasa berharga dalam diri sendiri.

“ rahasia kebahagiaan adalah saya sendiri, masa depan yang baik untuk saya sendiri, ada di tangan saya sendiri, dan saya tidak akan menyia- nyiakan kesempatan ini.”

Dengan mempertahankan sifat pengasih, penyayang, maka ada sesuatu yang secara otomatis membuka pintu hati kita. Dan melalui pintu itu kita bisa jauh lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain. Dan perasaan hangat menciptakan keterbukaan. Kita akan menemukan bahwa semua orang lain itu pada hakikatnya sama dengan kita, maka kita akan bisa berhubungan dengan mereka secara lebih mudah. Ini semacam semangat persahabatan. Dan sikap ini dapat membangkitkan rasa percaya pada orang lain.


Sejalan dengan waktu, kita dapat melakukan perubahan- perubahan yang positif. Mengembangkan motivasi positif yang tulus, dengan berkata “ saya akan memanfaatkan hari ini secara lebih positif. Dan saya tidak akan menyia- nyiakan hari ini. Dan pada malam hari sebelum tidur, kita lakukan pemeriksaan diri dengan bertanya,” apakah saya telah memanfaatkan hari ini seperti yang tadi saya rencanakan.

Setiap manusia mempunyai potensi untuk mempunyai sifat pengasih karena sejak lahir kita memang telah diberikan sifat dasar yaitu kelembutan.

Pertahankanlah keakraban yang intim dengan sebanyak mungkin orang.
Hubungan yang erat sungguh berdampak baik terhadap kesehatan

Satu cara yang efektif untuk mengajari seseorang cara bersikap lebih hangat dan lebih pengasih adalah mulai dengan menggunakan penalaran untuk mengajarkan nilai- nilai dan manfaat praktis sikap kasih dan mengajak mereka untuk dapat merasakan apabila seseorang bersikap kasih kepada mereka

Orang dapat mencoba meningkatkan sifat pengasihnya dengan mencoba berempati dengan perasaan atau pengalaman orang lain.

Faktor yang mempertahankan pertemanan sejati adalah rasa sayang.

Hubungan yang didasarkan pada nilai- nilai kasih, sayang, dan saling hormat sebagai sesama manusia merupakan suatu ikatan yang mendalam dan bermakna, tidak hanya dnegan kekasih atau pasangan kita tetapi juga dengan teman, kenalan, bahka orang asing sebagai sesama manusia. Pendekatan ini membuka kemungkinan yang tidak terbatas untuk terjadinya sambung rasa.


Pemaksaan dalam pencarian cinta yang romantis dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan spiritual kita yang lebih mendalam, bahkan dari prespektif cara hidup konvensional, pengidealan cinta romantis ini bisa dipandang sebagai sesuatu yang ekstrem. Hubungan ini tidak seperti hubungan yang didasarkan pada kasih sayang yang tulus.

Kita mungkin akan berhadapan dengan orang yang hatinya sekeras baja, individualistik dan hanya sibuk dengan kepentingan sendiri. Bahkan mungkin ada orang yang tidak mempunyai kemampuan berempati bahkan kepada orang yang mereka cintai atau yang dekat dengan mereka. Tapi bukan berarti mereka tidak dapat disadarkan tentang pentingnya kasih dan cinta.

Itu adalah beberapa kutipan dari buku dalai lama the art of happiness……….
Buku yang idi terima sekitar 2 tahun lalu dari seseorang yang sangat baik buat idi……..

2 minggu lalu idi liat buku itu termasuk dalam buku yang hadir dalam acara bursa buku murah yang diselengarakan oleh gramedia botani square bogor.

No comments: