Friday, 16 January 2009

PROSES MEREALISASI AMT IFSA 2009

27 Desember 2008

IYLEGI mendapat info untuk menjadi narasumber dan fasilitator untuk AMT yang diadakan oleh IFSA LC IPB

5 Januari 2009

Dengan mediasi dari Afin dan Efrian, team IYLEGI bertemu dnegan panitia AMT IFSA pada jam 16.00 – 18.00. Hasil pertemuan tersebut menghasilkan berita acara sebagai berikut :

BERITA ACARA

Ketemu Panitia AMT IFSA

5 Jan 2008, jam 16.00 – 18.00

- AMT akan diselenggarakan pada tanggal 10 januari 2008

- Jumlah peserta AMT adalah 40 orang.

Namun jumlah ini akan dapat berubah karena

29 orang dari calon peserta yang kebetulan berasal dari jurusan MNH akan melakukan field trip pada tanggal 10 januari nanti.

- Panitia akan mengupayakan agar dosen mata kuliah nya bisa pemberikan dispensasi pada 29 orang calon peserta tersebut training.

Info akan mereka sampaikan paling lambat rabu pagi, 7 Jan 2008

Apabila 29 orang tersebut tidak dapat mengikuti AMT maka IFSA mempunyai kewajiban untuk menshare ilmu yang mereka terima saat AMT tanggal 10 nanti.

- Panitia akan memberikan data tentang motivasi calon peserta mengikuti AMT paling lambat kamis pagi, 8 januari 2008

- Panitia AMT IFSA memberikan rangkaian acaranya yang agak berbeda dengan yang mereka sampaikan pada IYLEGI ( kemaren sore)

yaitu : sesi 1 : Fungsi management dalam sebuah organisasi ( akan

dibawakan oleh Dinda Trisnadi)

sesi 2 : Event Organizer Training ( akan dibawakan oleh Irma Nurhayati)

sesi 3 : Jurnalistic Training ( akan dibawakan oleh Efrian)

sementara yang mereka sampaikan pada IYLEGI ( beberapa

waktu lalu)

sesi 1 : Fungsi management dalam sebuah organisasi ( akan
dibawakan
oleh Dinda Trisnadi)

sesi 2 : Event Organizer Training ( akan dibawakan oleh Irma Nurhayati)

sesi 3 : Enviroment

Ternyata acara yang akan diselenggarakan oleh panitia AMT cukup berbeda dengan tujuan yang diusung dari pengadaan AMT ini. ( katanya itu adalah proposal turun temurun J)

Adapun tujuan AMT yang dicantumkan dalam proposal adalah :

- menjalin komunikasi dengan para anggota IFSA sehingga terjalin ikatan kekeluargaan yang erat.

- Memberi motovasi kepada paraa anggota baru dalam memajukan IFSA.

Dari hasil gali menggali dengan i panitia AMT.

- mereka menginginkan agar anggota IFSA bisa loyal dan punya rasa memilik
IFSA sehingga keanggotaannya tidak semakin berkurang ( awalnya 100 selanjutnya hanya tertinggal 20 orang saja).

- Memberikan gambaran yang menarik tentang IFSA dan apa yang bisa anggota baru lakukan nagi IFSA.

- Anggota IFSA mempunyai awareness dan rasa miliki IFSA.

Berdasarkan hasil survey ini, maka kami ( Panitia AMT dan IYLEGIers) akan coba mengadakan AMT dengan sesi :

Sesi 1 : Perkenalan IFSA dan sharing dari senior IFSA ( dibawakan oleh dinda, irma dan 2 pembicara lagi)


Sesi 2 : bagaimana membangkitkan motivasi anggota IFSA untuk

menjadikan IFSA lebih baik dan terbaik. ( difasilitasi oleh IYLEGIers)
Jadi pembicara awal seperti dinda dan irma masih bisa memberikan wejangan pada juniornya dan IFSA sendiri dapat memberikan motivasi bagi anggota IFSA.

Mudah-mudahan hasil ini bisa membawa nuansa baru bagi IFSA J

Panitia akan mencoba membicarakan kembali mengenai mekanisasi AMT dan akan segera memberikan infonya kepada IYLEGI via afin.

7 Januari 2009

Jam 13.00

Team IYLEGI yang terdiri dari Afin, Wita dan HAngga kembali bertemu dengan panitia AMT IFSA untuk menerima susunan acara yang terbaru juga memastikan lokasi menyelenggaraan AMT pada tanggal 10 januari nanti

7 Januari 2009

Jam 16.00

Team IYLEGI ( Afin, Efrian, Rama, Ubit, Hangga, Wita, Idi) berkumpul di rumah mungilnya Mas Happy untuk membahas apa yang akan IYLEGI sampaikan pada AMT IFSA nanti. Rencana untuk tidak mengadopsi rolls out training kemarin ternyata tidak terealisasi. Karena materi yang direncanakan ternyata hampir sama bahkan cenderung sama dengan materi rolls out.

Hanya beberapa permainan saja yang agak berbeda.

Dalam AMT nanti kita akan menyuguhkan permainan simpul tangan, my star idol, personality games, berdiri bersama, dan melepaskan dari ikatan ( borgol2an).

Jam 19.45

Team IYLEGI kedatangan dinda salah satu alumni IFSA yang didaulat oleh panitia AMT untuk menjadi narasumber di sesi 1 ( pengenalan IFSA). Kehadiran dinda malam itu niat awalnya hanya ingin menyelaraskan antara apa yang akan disampaikannya dengan apa yang IYLEGI akan sampaikan.

Jam 20.00

Beberapa team IYLEGI pamit …yang tersisa di kediaman mas Happy hanya efrian, idi, dinda dan mas happy. Dinda, Efrian dan Mas Happy akhirnya terlibat pembicaraan seru mengenai masa depan dan masalah yang ada di dalam IFSA. Dinda memberikan gambaran gamblang tentang kondisi IFSA saat ini yang sangat memprihatinkan.

Dinda juga mempertanyakan peran IYLEGI dan masukan yang akan IYLEGI kan pada AMT IFSA. Berbicaraan berlangsung seru dan serius banget.

Dinda menyarankan agar panitia AMT juga dilibatkan dalam pembicaraan antara IYLEGI dan dinda yang akan diadakan pada hari jumat, 9 januari 2009. pembicaraan itu akan bertujuan membuka wawasan ketiga belah pihak, panitia AMT juga akan memberikan rambu mana yang bisa dilakukan dan mana yang tidak dalam penyelenggaraan AMT pada tanggal 10 nanti.

9 Januari 2009

Jam 16.00

Kembali di pondok mungilnya Mas Happy ayng didaulat jadi base camp IYLEGI, team IYLEGI berkumpul. Sore itu tidak semua bisa hadir. Hangga yang hadir tepat jam 16.00 bersama panitia dari AMT( alfian sang ketua ditemani oleh salah satu temannya…. Lupa namanya).

Ternyata pembicaraan dengan panitia AMT IFSA tidak berjalan dengan lancar karena mereka sangat pasif dan tidak bisa menyampaikan apa sebenarnya esensi yang ingin mereka dapatkan dari AMT nanti.

Panitia AMT pun pamit lebih awal ( sekitar jam 17.30 dengan alasan akan ada kuliah tambahan pada jam 19.00 nanti)

Jam 18.00

Afin, sopian, efrian, idi , wita, hangga dan Mas happy mulai membahas materi yang akan dibawakan dalam AMT besok. Mulai dari slide yang akan dibawakan oleh afin di sesi leadership, juga slide yang akan dibawakan oleh efrian pada sesi system thinking.

Lagu “sekitar kita’ nya karakatau band yang akan menjadi penutup acara AMTpun disosialisasikan oleh Mas Happy…… ternyata team IYLEGI cukup familiar dengan lagu itu. Tapi untuk mempermudah akan disediakan slide liriknya.

Jam 19.00

Dinda kembali bergabung dalam pertemuan final untuk AMT IFSA esok hari…….. Akhirnya karena panitia AMT tidak bisa memberikan rambu- rambu untuk AMT maka Dinda memberikan beberapa masukan dan rambu yang bisa dilakukan oleh IYLEGI.

Mungkin karena ada beda cara pandangan antara dinda dan IYLEGI jadi pembicaraan yang tercipta terlihat agak saling keukeuh meski tujuan keduanya sebenarnya adalah sama. Memberikan yang terbaik untuk IFSA dan memotivasi IFSA LC IPB untuk menjadi lebih baik.

2 comments:

Anonymous said...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonymous said...

car xtreme steam car washes auction auto goodwill industry 1992 gmc truck parts 2din car dvd