Monday, 3 August 2009

apakah kita masih seperti anak kecil

tingkat kedewasaan seseorang ternyata tidak serta merta berpatokan pada umur. karena memang kedewasaan tidak bisa hanya dilihat dari sudut umur saja. banyak orang2 yang usia nya udah 40an atau mungkin sudah punya anak tapi polah tingkahnya masih seperti anak kecil.

sebenarnya apa sih yang membedakan antara anak kecil dan orang dewasa?

- cara pandanganya dalam menghadapi masalah : bila orang dewasa mengalami masalah , dia tidak akan menyalahkan orang lain atau lingkungan sekitar nya seperti seorang anak kecil....tapi lebih banyak introspeksi pada diri....
* apa yang salah dengan diri saya sampai ornag lain kecewa/ menjauh/ marah or
membenci saya.
* apa yang membuat kesalahan itu terjadi.......
orang dewasa cenderung lebih banyak koreksi diri dan bukan menyalahkan orang lain.

- cara dan pola berteman
dalam pola pertemanan dan cara berteman juga lebih luwes dan lebih ikhlas..... lebih nothing to lose. lebih menikmati persahabatan sebagai sebuah hubungan yang universal. sebagai orang dewasa kita akan lebih banyak mengerti dan menerima kekurangn dan kelebihan teman kita. bukan memaksakan kehendak agar teman kita bisa seperti keinginan kita. sementara anak kecil selalu memaksakan kehendak agar semua temannya seperti yang dia inginkan.
saat keininginan itu tidak tercapai anak kecil akan marah2 teu puguh :)

orang dewasa cenderung lebih bisa ngemong siapapun tanpa memandang usia dan posisi. sementara anak kecil selalu pengen diasuh, dituruti keinginannnya dan diperlakukan special.

ini sih hanya pendapat dan penaglaman saya aja lho.......

No comments: