Wednesday, 1 July 2009

kemaren sore ke gramedia (2)

eh iya masih ada yang lupa dishare........

kemaren saya juga tertarik untuk mengenal kembali buku - buku sekolah dari SD, SMP juga SMA............ waduh kayaknya saya nda berminat deh buat kembali jadi anak SD, SMP or SMA di zaman sekarang..... gileee bener untuk satu mata pelajaran aja ada beberapa jenis buku dari berbagai penerbit.
mata pelajaran pun jadi semakin banyak aja deh.....
ada mata pelajaran lingkungan hidup dengan buku panduan nya buku pendidikan lingkuangan hidup, ada mata pelajaran teknologi informasi komunikasi dengan buku panduannya, mata pelajaran seni budaya dan keterampilan pastinya juga ada buku panduannya.
kalo mata pelajaran penjas orkes sih dah ada dari dulu ya, begitu juga ipa, ips, matematik juga bahasa indonesia.
tapi sekarang bukunya buanyak banget ragamnya.....
buku ipa aja aja ada buku akrab dnegan dunia ipa, buku ipa bilingual dan sebagainya....
mata pelajaran ips aja ada beberapa buku panduan contohnya horizon ips, bersahabat dnegan lingkungan sosisalku, buku ips terpadu dan sebaginya.
untuk mata pelajaran matematik juga nda kalah heboh ada buku matematika aktif, matematika sd di sekitar kita, dunia matematik, asyik berhitung matematika dan pastinya masih banyak lagi......

bahkan untuk pelajaran basa sunda pun demikian kondisinya ada buku piwuruk basa sunda , ada juga buku diajar basa sunda.

mata pelajaran agama islam pun nda kalah seru buku panduan yang diterbitkan dari buku senang belajar agama islam sampe cinta agama islam.


entah mana yang akan dipakai pun bikin anak dan ortu pusing.... karena bingung mesti beli buku yang mana.....

apakah industri percetakan buku sekolah begitu menarik ya sehingga orang berlomba- lomba untuk menciptakan buku pelajaran yang mungkin garis besar dan benang merahnya sama aja.

kenapa sih materi nya nda dibuat sederhana hingga memudahkan guru dan murid dalam memahami materi pelajaran itu sendiri.

kalo mau menjadikan dunia buku pelajaran sebagai bisnis sih boleh2 aja tapi jangan sampe menjadikan anak dan ortu anak itu sebagai obyek dan mesin uang dunk.....

melihat dunia perbukuan yang jadi ajank mengais rezeki ini rasanya saya jadi sangat pro dan mendukung kalo ada pemberlakuan buku elektronik aja deh yang bisa didownload secara gratis.....
mudah2an seluruh wilayah indonesia bisa cepet mendapat akses internet dan semua anak indonesia bisa mengakses buku pelajaran elektronik yang dicetuskan depdiknas :)

semua faktor dan elemen memamng harus saling bahu membahu dan mendukung ya untuk menghasilkan sesuatu yang baik itu :)..... eh nyambung nda sih

No comments: