Wednesday, 7 April 2010

Aku mesti gimana dunk?

Sore itu sepulang kantor Susi, Debby, Rani, Jane dan Vinca nampak menikmati suasana kedai kopi di bilangan Jalan Pajajaran. Seperti bulan – bulan sebelumnya mereka berlima memang selalu menyempatkan untuk ngumpul. Kalo ngga pulang kantor kayak sekarang ini, saat akhir minggu.
Kelima sahabat ini memang bukan teman jaman sekolah atau jaman kuliah dulu. Mereka bertemu di sebuah jejaring sosial.

Kembali ke suasana di kedai itu

“ Ternyata jadi orang tua itu susah ya…….” Curhat Susi. Ibu dari Jodi yang baru berusia 3 tahun itu sambil menyesap lattenya.

“ Eh bener lho….. gue juga ngerasain hal yang sama…… buktinya sampe kurus nih gue.” Debby juga sumbang suara.

“ Kemaren gue, belanja sama Dio ke supermarket. Saat gue milih anggur merah seperti bias ague isenk ambil satu buah, gue masukin ke mulut gue dunk dan pas gue ambilin buat dia pas gue minta dia makan juga”. Rani ibu satu anak yang kita kenal paling santun itu memulai ceritanya

“Eh… dia bilang
“ Mama kok nyuri anggur sih? Kata Mama kita baru boleh makan barang- barang yang kita beli di supermarket setelah kita bayar di kasir, kan? Mama emang dah dapet ijin dari mba itu? “ Ujarnya polos sambil menunjuk mba penimbang buah di supermarket itu”.

Kayaknya muka gue saat itu langsung pucat deh. Gue sampe ngga jadi beli anggur deh.
Pas di jalan gue marahin dia. Gue bilang kalo dia dah bikin malu gue dan gue ngga akan ajak dia lagi kalo dia kayak gitu lagi. Loe tau jawaban dia apa?
Eh dia bilang gini, “ Kan mamah bilang kalo kita hanya boleh makan makanan yang halal dan kalo kita mau makanan milik orang lain ya kita mesti minta ijin dulu pada yang punya nya.”
Asli emosi gue langsung tinggi deh saat itu. Gue cubit aja tangannya. Dio nangis sambil ngomel, “”Aku kan cuma jalanin apa yng mama pernah bilang ke aku aja, kata mama kita mesti jadi orang baik. Tapi kok sekarang aku malah dimarahin sih,Ma? Salah aku apa, Ma?”

Susi kemudian menimpali,” Sama tuh Anti juga beneran nyusahin deh. Baru kemaren nih kejadiannya. Ada debt kolektor kartu kredit dateng ke rumah. Kebetulan gue kan cuti tuh kemaren karena ambil rapot anti.
Anti sontak manggil gue,” Ma…. Ada om yang nyari nih, katanya cari Bank Bahagia mau kasih tagihan kartu kredit mama.”
Loe tau guys……. Gue yang lagi goreng Ikan sampe keciprat minyak karena kaget. Loe tau sendiri kalo penyakit gue suka males bayar kreditan. Sementara suami gue janjinya mau lunasin bulan depan.

Setelah gue samperin tuh mas kolektor, gue deketin anti. Gue bilang, “ Nak….. kalo ada om dari Bank Bahagia lagi kamu tanya dulu sama mama ya, kamu mesti jawab mama ada atu engga.”
Dia nanya,” kenapa ma?”
“ iya…… kayak hari ini harusnya tadi kamu jawab ke om itu kalo mama ngga ada.” Jelasku pelan- pelan supaya dia ngerti.

Loe tau reaksinya guys?
Dia jawab,” kan mama memang ada di rumah ……. Kenapa aku mesti jawab bohong kalo mama ngga ada?
Kan itu namanya bohong, mama. Kata mama kita ngga boleh bohong, bohong itu dosa. Dosa adalah salah satu perbuatan tidak disukai Tuhan. Aku ngga mau jadi anak yang tidak disayang Tuhan, maka aku ngga mau bohong, Ma. Tapi kenapa malah sekrang mama minta aku berbohong?”

Jane dan Vinca hanya tertawa gelak medengar dongeng para ibu muda itu.
“ lagian loe juga aneh…… loe ajarin anak loe ngga boleh nyri eh loe lakuin. Loe ajarin anak loe ngga boleh bohong tapi malah loe sendiri yang minta anak loe buat berbohong.” Jane masih tidak bisa menahan tawanya.

“ Iya bu……….. loe tau apa yang ada dipikiran anak loe, waktu loe lakuin hal – hal itu?
Mereka berpikir sebenernya aku mesti gimana sih? Yang diajarin mama tuh bener ngga sih? Yang bener itu berbohong atau tidak boleh bohong? Sebenernya mencuri itu boleh atau ngga sih?
Mana yang bener ya?
Vinca ikut nimbrung juga setelah dari tadi hanya mendengerkan cerita sahabat2nya itu sambil asik meneguk dua teguk coklat panasnya.

No comments: