Sunday, 10 October 2010

Training IYLEGI 2010 ( hari ke 2)

Rabu, 22 September 2010

Matahari menerangi cico resort dengan sedikit malu- malu. Sinarnya yang hangat mengiringi senyum pagi para peserta pelatihan, para fasilitator juga narasumber. Eh ada narasumber kah di sesi ini. Suatu kebahagiaan bagi para fasilitator karena Mba Diah Raharjo dan Mba erna Rosdiana berkenan berbagi pengalaman tentang kepemimpinan dalam tata kelola lingkungan.
Jam 08.30 Mba Diah dan Mba erna sudah hadir di ruang Oase bersama mba Nani.
Dengan waktu sekitar 30 menit, Mba Diah dan Mba Erna pun berbagi pengalaman kepada kami.
Mba diah antara lain bercerita karakter pemimpin dan Visi
Visi adalah sesuatu yang harus dicapai. Seorang pemimpin harus (1) percaya diri ttg visi (2) komiten thd visi (3) berorientasi pada meningkatkan kemampuan, kualitas organisasi dan sumberdaya organisasi. Visi organisasi mewakili visi dari setiap individu bukan hanya visi dari sang pendiri. Hal ini merupakan syarat mutlak bagi seorang pempin yag berjiwa leadership. Visi leadership berlaku universal.
Selanjutnya mba Erna berbagi cerita tentang Tata Kelola Lingkungan.




Menurut Mba Erna, tata kelola tidak hanya berlalu untuk scope besar saja. Tapi juga berlaku pada scope kecil ahkan terkecil yaitu diri kita sendiri.
Kenapa tata kelola di Indonesia belum bisa berlaku dengan baik karena kemiskinan keinginan untuk belajar dan sempitnya pengetahuan karena kita membatasi diri terhadap bidang lain.

Mba Erna pun menambahkan bahwa masa ideal bagi kita utuk mengevaluasi adalah 3 tahun. Karena bila kita lakukan evaluasi di usia 1 tahun, maka kita masih belum menemukan banyak hal. Tapi bila kita lakukan evaluasi di tahun ke 5 akan sudah terjadi banyak hal dan kita akan sulit memperbaikinya.
Menyambung soal visi…………… Goal2 kecil ada langkah- langkah menuju Visi. Pembentukan karakter organisasi adalah satu visi yang langgeng.



Setelah Foto bareng dengan 2 Mba hebat itu…… acarapun kami lanjutkan dengan Sesi kepempinan dari Mba Nani dan Sesi tata kelola lingkungan dari Mba Rahmina
Sebelum makan siang, fasilitator dan peserta punya hadiah khusus buat Mba Nani yang Ultah tanggal 21 kemaren



Eh iya tengkyu banget buat Mas Ahmad dan Mas Danny dari Cico yang dah bekenan membantu mencarikan kue tart black forest untuk Mba Nani :D

Setelah Makan siang Sesi pun berlanjut dengan materi kesetaraan Gender dari Mba Nani. Lalu dilanjutkan dengan sesi dari Mba Alifah mengenai keterampilan memfasilitasi dan rencana kerja peserta.

Abis itu giliran diriku dan mas happy deh menyampaikan materi sekilas untuk persiapan kunjungan ke lapangan esok hari. Gambaran tentang desa Pasir Buncir digelar di layar proyektor dan mas happy mulai menceritakan tentang data demografis dan data geografis desa Pasir Buncir…. Untuk acara filedtrip besok…… panitia mempunyai kejutan bagi para peserta





Ah...... udah sore nih saat nya istirahat dulu untuk selanjutnya nanti setelah sesi malam akan ada sesi praktek menfasilitasi

Tepat Jam 19.30 Sesi malam pun dimulai........ perit kenyang setelah makan malam lezat membuat semangat para peserta meningkat. Pada sesi ini seluruh kelompok memfasilitasi berbagai jenis permainan.

Seperti biasa tanpa terasa malam semakin larut dan jam 22.30 kamipun harus meninggalkan ruang OASE.
Untuk segera beristirahat. karena besok pagi tepat jam 7 kami harus berangkat mnenuju Pasir Buncir untuk Fieldtrip.

No comments: