Wednesday, 27 May 2009

PANTAI PERMISAN




Pantai indah di Nusakambangan yang mengarah ke lautan lepas ini memang tetap terlihat indah dan ngangenin.
Gelombang lautnya yang cantik berpadu dengan pasir yang bersih…….. Ah memori pantai permisan itu muncul lagi di benak saya ……. Buku bertajuk pulau2 terluar Indonesia yang baca beebrapa waktu lalu saat meng’ autis’kan diri di gramedia memang membahas tentang pantai permisan itu.

Saya menginjakkan kaki di pantai indah itu sekitar 16 tahun yang lalu …….. November 1993…. Saat itu saya dan teman2 se almamater mendapat kesempatan untuk berkunjung ke penjara terkenal Nusakambangan.
Sebagai mahasiswa hukum pasti deh ada program untuk mengunjungi Lembaga Pemsyarakatan baik yang jenis lembaga pemasyarakatan kota hingga lembaga pemasyarakatan sejenis Nusakambangan…….

Awalnya sih miris juga mesti dateng ke lembaga pemasyarakatan setingkat Nusakambangan…. Tapi setelah sampe di sana… jujur sih ada rasa takut tapi itu hanya sesaat aja. Apalagi setelah kita ngobrol sama para napi disana.
Kebetulan saya kebagian di LP batu. Kalo inget waktu itu rasanya amaze juga lho…… kita berhadapan dengan penjahat2 tingkat mantep deh…. Ada yang pencuri, pembunuh dan penjahat sadis juga ada. Kehidupan LP di Nusakambangan mungkin tidaklah berbeda dengan para napi di LP kota. Mereka pun diberikan keterampilan untuk mengisi waktu luang. Diharapkan pada saat nanti mereka bebas, keahlian itu dapat berguna sebagai pencaharian.
Saya ingat waktu itu saya bertemu seorang Bapak yang dihukum 10 tahun akibat membunuh. Dan pada saat kami mengobrol dengan beliau bapak itu bilang kalo minggu ini adalah minggu terakhirnya di LP batu…. Karena bapak itu sudah akan bebas dan kembali ke keluarganya.
Nda kebayang deh 10 tahun jadi napi di Nusakambangan…….

Back to pantai permisan………..
Di hari terakhir kunjungan kami, kami memang menyempatkan diri untuk melihat keindahan pantai itu …….. lokasinya memang tidak terlalu jauh dari LP permisan. Lumayan lah hehehe.
Menurut cerita, beberapa napi yang berusaha lolos biasanya memilih pantai permisan sebagai jalan keluar mereka. Nda tau juga sih ada yang selamat or nda kalo melihat gejolak ombaknya rsanya impossible deh. Kalo sampe ada yang berhasil kabur dan selamat pasti napi itu seorang perenang yang tangguh atau mungkin didukung dengan bantuan hehehe.

Meski indah sayang pantai permisan agaknya nda bisa terbuka untuk umum. ……….. karena akses masuk ke Nusakambangan juga tidak bisa buat orang umum. Mesti ada ijin dari Departemen Kehakiman deh kalo mau masuk … jadi kalo pun ada yang bulak balik cilacap – nusakambangan ya paling keluarga sipir dan penjaga, atau keluarga napi 

Meski letaknya di dekat pulau jawa tapi pantai in termasuk dalam pantai yang berada dalam pulau terluar Indonesia…. yang pastinya harus mendapatkan pengawal dan penjagaan ketat supaya tidak jatuh ke tangan asing.

No comments: